Air Sungai Silutung Meluap, Ratusan Rumah Warga Semiring Terendam Banjir -->

Air Sungai Silutung Meluap, Ratusan Rumah Warga Semiring Terendam Banjir

Kamis, 28 April 2022, Kamis, April 28, 2022

Petugas Pusdalops BPBD Situbondo meninjau lokasi banjir 


Jawapes, SITUBONDO - Akibat cuaca ekstrem hujan lebat, sebanyak 139 rumah warga Desa Semiring, Kecamatan Mangaran kemasukan air dari luapan sungai, Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 00.00 Wib.


Puriyono Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo menerangkan akibat hujan deras semalam di wilayah Kabupaten Situbondo dan sekitarnya menyebabkan terjadi banjir dari luapan sungai Silutung (sungai pembuangan dari Trebungan) yang menuju kearah muara. Debit air sungai tinggi dan meluap ke pemukiman penduduk di sekitar sungai tersebut, tepatnya di Dusun Semiring Barat 80 KK, Semiring Utara 55 KK dan Selatan 4 KK. Ketinggian air yang masuk ke rumah warga bervariasi, yaitu sekitar 50 cm sampai 60 cm dan di luar rumah (halaman) antara 50 cm hingga 90 cm.


"Peristiwa banjir ini tidak ada korban jiwa dan korban luka, hanya saja beberapa rumah warga Desa Semiring kemasukan air dan ada pupuk Urea milik warga ikut terendam. Setelah kondisi air surut, selanjutnya warga melakukan pembersihan rumahnya masing-masing," jelasnya.


Lebih lanjut, Puriyono menambahkan atas kejadian banjir tersebut, Pusdalops BPBD Situbondo melakukan koordinasi dengan pihak keluarga, Pemdes setempat dan Forkopimka Mangaran.


"Kami menghimbau kepada warga sekitar sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati jika terjadi hujan dan sungai meluap lagi," pungkasnya. (*)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler