ADP Tak Kunjung Cair, Kakon dan Aparatur Pekon se-Tanggamus Geruduk Kantor Bupati -->

ADP Tak Kunjung Cair, Kakon dan Aparatur Pekon se-Tanggamus Geruduk Kantor Bupati

Selasa, 26 April 2022, Selasa, April 26, 2022


Tanggamus (Pikiran lampung) - Kepala pekon (Kakon) yang tergabung di Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tanggamus beserta seluruh aparatur Pekon (Desa) se-Kabupaten Tanggamus, mempertanyakan Anggaran Dana Pekon (ADP) Tahun 2022, yang tak kunjung cair, dimana dalam ADP tersebut adalah Penghasilan Tetap (Siltap) aparatur Pekon selama Empat Bulan. Apdesi menggelar aksi damai dihalaman kantor Bupati Tanggamus, Senin (25/04/22).


Dalam aksi damai yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Tanggamus sempat terjadi ketegangan, ketika asisten bidang pemerintahan Fathurrahman emosi dengan peserta aksi demo yang menunjuk-nunjuk saat menyampaikan aspirasi tersebut.


Namun hal tersebut tidak sampai berujung anarkis, setelah di beri penjelasan oleh ketua APDESI kemudian aksi tersebut berlangsung kondusif, dengan menggunakan atribut spanduk salah satunya bertuliskan “Suaidi Mundur kalau tidak mampu mengurus keuangan Tanggamus”.



Kepala pekon se-Kabupaten Tanggamus berorasi di depan kantor Bupati menyampaikan beberapa hal di antaranya, Pencairan dana Pekon untuk Gaji aparatur pekon selama empat bulan sebelum lebaran, kemudian menyampaikan gaji aparat pekon yang tidak pernah naik di bandingkan dengan kabupaten pemekaran kabupaten Tanggamus dan meminta pergantian mobil dinas apdesi yang sudah rusak tidak terpakai.


Ketua Apdesi Tanggamus, Zudarwansyah, usai berkordinasi diruang kerja asisten bidang Administrasi mengatakan kita Apdesi ditemui oleh pak asisten 1 dan asisten 3 dan apa yang menjadi kesepakatan kita di dalam intinya Pemerintah Daerah sanggup mencairkan itu mulai dari besok (Selasa) sampai dengan hari Kamis.






”ADP dicairkan sampai hari kamis, bahkan. besok sudah ada yang cair, ini menurut janji beliau,” Katadia Zudarwansyah ketua apdesi Kabupaten Tanggamus.


ditambahkannya , bila tidak kunjung ada pencairan, ketua Apdesi sampaikan akan gelar aksi lebih besar lagi,


Sementara itu, Asisten bidang Administrasi Jhonsen Vanesa usai rapat bersama Ketua APDESI yang mewakilan Kepala Pekon se-Kabupaten Tanggamus di ruang kerjanya mengatakan bahwa kami akan segera lakukan verifikasi, dan pimpinan sudah memerintahkan untuk memverifikasi sampai pagi.


Rabu paling lambat atau selasa, lanjutnya Asisten bidang administrasi, kita usahakan sudah mulai pencairan, menurutnya “untuk anggarannya sampai saat ini masih tersedia. dan kita akan terbitkan SP2D sebelum lebaran.


Terpisah, Suaidi Kepala Keuangan Kabupaten Tanggamus saat menemui perwakilan Apdesi mengatakan akan mencairkan ADP sebelum lebaran.


"Anggaran Dana Pekon (ADP) akan kita cairkan sebelum Lebaran Idul Fitri," janji Suaidi. (Ady)


Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler