9 Langkah Gaya Hidup Sehat di Bulan Ramadhan -->

9 Langkah Gaya Hidup Sehat di Bulan Ramadhan

Senin, 18 April 2022, Senin, April 18, 2022


INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Bagaimana cara melakukan gaya hidup sehat? Jawabannya sangat mudah. Untuk mendapatkan manfaat gaya hidup sehat seperti tubuh menjadi lebih fit dan bugar. Anda harus rutin dan rajin melakukan beberapa hal simpel setiap hari.


Kesehatan harganya tidak ternilai. Seseorang yang mempunyai segalanya tidak akan dapat menikmati jika dalam keadaan sakit. Bahkan tidak sedikit yang rela menghabiskan semua materi demi mendapatkan kesehatan kembali.


9 Langkah Memulai Pola Hidup Sehat

Apa itu gaya hidup sehat? Gaya hidup sehat adalah pola atau bagaimana Anda beraktivitas sehingga tubuh tetap fit dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu juga meninggalkan kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan. Menjalankan hal seperti ini, awalnya pasti tidak mudah.


Cara menjalani kehidupan dapat mempengaruhi kesehatan. Secara tidak langsung kebiasaan buruk sehari-hari bisa mempengaruhi daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit. Memulai gaya hidup sehat dan mendapatkan kesehatan jauh lebih murah dibanding biaya untuk berobat.


Budaya hidup sehat harus diterapkan secara bertahap. Anda hanya perlu mengubah sedikit kebiasaan lama sehingga tubuh menjadi kuat terhadap masuknya kuman penyakit. Organ tubuh juga akan dapat bekerja secara maksimal. Lantas bagaimana cara melakukan gaya hidup sehat? Simak pembahasannya berikut ini.


1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Kuman penyakit mudah datang di lingkungan yang kurang bersih. Sampah dan genangan air bisa menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk yang membawa penyakit. Hal tersebut juga berlaku pada anggota tubuh.


Tubuh yang tidak bersih sangat mudah terserang penyakit. Untuk menjaga kebersihan, mandi dua kali dan mengganti pakaian sangat penting dilakukan. Air yang bersih dan segar juga dapat membuat pikiran menjadi fresh sehingga siap beraktivitas. 


2. Minimalkan konsumsi gula dan garam

Kadar gula yang tinggi dalam makanan dapat menyebabkan diabetes. Terlebih jika insulin tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. Minimalkan konsumsi gula, baik dalam makanan maupun minuman.


Begitu juga dengan garam. Kadarnya yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan memicu terjadinya hipertensi. Akibat lebih parah, bisa menjadikan pembuluh darah pecah dan berakibat fatal.


3. Atur pola makan

Organ tubuh seperti mesin yang pola kerjanya harus teratur. Terus menerus mengkonsumsi makanan, tidak memberi kesempatan organ untuk beristirahat. Akibatnya akan mengalami kelelahan dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.


Makanlah sesuai dengan pola yang teratur, yaitu tiga kali sehari. Sebaiknya makan sebelum terasa lapar. Berhentilah sesaat sebelum kenyang. Tujuannya adalah untuk memberi ruang bagi organ tubuh mencerna dan menyerap gizi yang tersedia.


4. Perhatikan asupan gizi

Masalah makan bukan hanya mengenai jumlah dan waktunya saja tetapi juga pada kandungannya. Setiap hari tubuh membutuhkan kalori, multivitamin dan mineral. Meski dalam jumlah terbatas, semua zat tersebut harus terpenuhi sehingga proses metabolisme dapat berjalan dengan normal.


Kekurangan asupan gizi dapat berakibat fatal. Pada anak-anak bisa mengalami gagal tumbuh. Sedang pada orang dewasa menyebabkan organ tubuh tidak dapat bekerja menjalankan fungsinya secara maksimal.


5. Penuhi kebutuhan air putih

Air minum berperan penting dalam proses metabolisme. Pastikan Anda memenuhi kebutuhannya setiap hari. Air yang masuk ke dalam tubuh juga harus bersih dan sehat. Tidak mengandung kuman maupun zat yang berbahaya bagi tubuh.


Agar dapat rutin minum air putih, selalu bawa kemana pun pergi. Siapkan pada tempat yang mudah terjangkau sehingga tidak ada alasan untuk mengalami dehidrasi atau kekurangan air minum. Hindari minuman berwarna karena akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras.


6. Hindari lingkungan toksik

Lingkungan toksik sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Kondisi mental yang tidak fit menyebabkan nafsu makan berkurang. Begitu juga dengan istirahat, sehingga tubuh dapat mengalami kelelahan fisik dan psikis.


Orang-orang di sekitar Anda tidak akan seratus persen berpengaruh pada kesuksesan. Jika memang berdampak negatif, sebaiknya tinggalkan dengan segera. Masih banyak teman dan lingkungan yang membawa dampak positif, kesehatan dan kebahagiaan.


7. Kelola stress

Stres dapat mempengaruhi kerja organ penting dalam tubuh. Sebisa mungkin hindari penyebabnya. Anda harus dapat meyakinkan diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja. Mengikuti kata hati yang menjadikan stres justru merugikan diri sendiri.


8. Cukupi kebutuhan istirahat

Sebagaimana mesin, tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat dan memulihkan kembali kemampuannya untuk bekerja. Dalam sehari semalam tubuh membutuhkan istirahat 7-8 jam. Dengan memenuhi kebutuhan tersebut berarti Anda memberi waktu pada tubuh untuk dapat bekerja dengan lebih baik lagi.


9. Cukup olahraga

Olahraga akan membuat tubuh menjadi bugar kembali. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau peregangan. Anda dapat meningkatkan intensitas dan waktunya. Kegiatan olahraga dapat membuat sirkulasi udara dan darah pada tubuh menjadi lancar. 


Lakukan semua kegiatan secara wajar, jangan berlebihan. Bagi yang senang berolahraga jalan kaki, Anda dapat mengukur dan menghitung jumlahnya. Gunakan smartwatch atau jam pintar untuk melakukannya. Salah satu merek yang terkenal adalah Apple Watch Series 7.


Fashion item ini juga dapat mengukur detak jantung dan kualitas tidur. Bahkan jumlah asupan gizi dan kalori yang keluar. Semua dapat diketahui dengan detail dan mudah. Alat canggih ini dapat membantu Anda menjalani pola hidup sehat.


Untuk mendapatkan jam tangan canggih yang multifungsi ini Anda dapat membelinya di Blibli. Produk yang tersedia di Blibli semua berkualitas. Soal harga tentu sebanding dengan fitur dan keunggulannya.


Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lain yang ditawarkan Blibli ketika memulai transaksi. Mulai dari voucher gratis ongkir, diskon, hingga potongan harga dari barang yang Anda beli. Dengan membeli apple watch series 7, Anda dapat menerapkan cara melakukan gaya hidup sehat dengan lebih mudah.(zal/inilampung)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler